Cara Menghitung dan Memahami Buku Akademis Beserta Angka Kreditnya (Kum Dosen)

Memahami Buku Akademis dan Angka Kreditnya

Secara konteks buku tidak dapat dipisahkan dari pendidikan, dan pendidikan, tidak dapat dipisahkan dari buku. Artinya, keduanya satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Buku penting untuk dijadikan sebagai refrensi dan menjadi kebutuhan primer. Disisi lain, buku juga menunjukkan kadar intelektual seorang dosen yang mengampu suatu mata kuliah.

Dalam UU Nomor 3/2017 tentang Sistem Perbukuan dan PP Nomor 75/2019 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 3/2017 juga disinggung soal buku, didalam pendidikan tinggi yang terdiri atas buku teks dan buku nonteks (di luar buku ajar/buku teks). Pada Pasal 5 Ayat (2) PP Nomor 75/2019 disebutkan sebagai berikut:

Pemerintah Pusat dan/ atau perguruan tinggi mendorong ketersediaan Buku teks untuk pendidikan tinggi yang bermutu, murah,danmeratamelalui:

  1. pembentukan lembaga Penerbitan perguruan tinggi;
  2. peningkatan kompetensi dosen untuk menulis Buku;
  3. penerjemahan dan penyaduran Buku untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lalu apa saja, buku pendidikan tinggi itu yang termasuk klaster buku akademis (academic book)? Berikut saya kutip uraianya dari Pedoman Publikasi Ilmiah Dikti 2017:

Adapun buku yang termasuk buku pendidikan tinggi, yaitu:

  1. buku referensi(refererence book).
  2. monografi (monograph).
  3. buku ajar/buku teks (textbook).
  4. Satu buku lagi yang disebutkan merupakan kumpulan karya tulis, baik dalam bentuk bab (chapter) maupun bentuk artikel adalah bunga rampai.

Jenis buku yang sudah disebutkan diatas dapat meningkatkan angka kredit. Nilai angka kredit per satu buku berdasarkan pedoman penilaian angka kredit dosen seperti berikut ini:

  1. buku ajar/buku teks nilainya 20.
  2. modul (termasuk beberapa bahan pengajaran lainnya, seperti diktat) nilainya 5.
  3. buku referensi nilainya 40.
  4. monografi nilainya 20; dan
  5. bunga rampai yang diterbikan secara internasional 15 dan nasional 10.

Dari penilian diatas dapat dikelompkkan dua buku. Buku yang pertama yaitu kategori penilaian pelaksanaan pengajaran, yaitu buku ajar dan modul. Buku yang kedua, yaitu buku kategori penilaian pelaksanaan penelitian, yaitu buku referensi, monografi, dan bunga rampai. masing masing katagori tersebut dapat diajukan untuk mendapat kredit akademik bagi tenaga pengajar di kampus (Dosen).

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *