CARA MUDAH MENJUAL EBOOK DI GOOGLE PLAY BOOK

Era moderen ditandai dengan perkembangan dan pesatnya digital, kalua kita melihat pada masa lampau,  jual beli dilakukan secara empat mata dan transaksinya dilakukan ditempat. Tentu hal ini melelahkan bukan? maka adanya digitalisasi mempermudah dan mempersingkat waktu, selain itu aksesnya juga lebih mudah. Maka tidak heran jika hari ini para melenial berlomba-lomba men- digitalisasikan semua jualanya, tidak terkecuali dalam hal ini memasarkan ebook di google play book.

Dari namanya saja E-Book, yang artinya buku non fisik atau kita sebut dengan digital. Tentu bentuknya lebih sederhana dan simple dibandingan buku aslinya. Isinya sama, cuma beda fisiknya saja. Kalau buku non ebook tercetak tebal ketika baca diluar rumah ataupun kos tentu bawanya agak sedikit ribet, beda halnya dengan ebook, cukup meyiapkan ram yang lumayan tinggi, ukuran sekarang 3-4GB sudah cukup untuk menyimpan di telpon kita masing-masing.

Langkah-langkah Pembuatan Akun Google Play Book

Aplikasi Google Play Book, teman-teman bisa mendaptnya di Goole Play Store, cukup mudah caranya, teman-teman tinggal buka HP androidnya dan klik Goole Play Store lalu klik Play Book nanti akan dimuncul di layar hp teman-teman, dan teman-teman tinggal men-downloadnya. di  Goole Play Store, di  Goole Play Store bukan hanya saja ada play book tapi ada konten-konten lainya, seperti Game dan aplikasi filem. Dan berikut cara mudah menjual ebook di google play book:

  1. Kunjungi situs resmi Google Play Book alamat yang ada dibawah ini.

https://play.google.com/books/publish/  setelah teman-teman mengklik maka akan muncul sperti pada gambar dibawah ini

 

halaman pendaftaran akun playbook partner

 

2. Langkah kedua teman-teman klik tanda panah merah yang ada pada gambar diatas, lalu teman-teman mendaftarkan diri melalui email teman-teman sendiri, kemudian akan muncul alamat email dan kata sandi. Nah, setelah teman-teman mengisi email dan kata sandi, maka langkah berikutnya adalah klik tulisan Berikutnya. Parlu di ketahui, cara ini dikhususkan bagi yang sebulumnya sudah buat akun, dan bagi yang belum buat akun, maka langkah yang harus dilakukan oleh teman-teman, yaitu dengan meng-klik posisi yang sejajar dengan kata berikutnya yang ada di paling bawah pojok bagian kiri, seperti gambar dibawah ini.

login ke akun playbook via google

 

3. Langkah ketiga prosesnya hampir ada kemiripan dengan yang sudah punya akun dan yang masih belum punya akun. Perbedaanya terletak pada pencarian Formulirnya saja. Ok. Agar pembahasan ini tidak pecah jadi dua, saya akan fokuskan pada yang belum punya akun atu yang belum mendaftar. Silahkan teman-teman perhatikan gambar dibawah ini.

mengisi formulir pendaftaran

Pada gambar diatas, ada beberapa pertanyaan yang harus teman-teman jawab, dan pertanyaan ini disebut dengan Formulir Minat Online. Agar teman-teman tidak terlalu bingung ketika mengisi Formulir diatas, ada beberapa hal yang parlu disiapkan oleh teman, antaranya yaitu; Pertama, Nama email. Kedua, nama teman-teman sendiri. Ketiga, tempat tinggal. Kelima, jumlah buku yang mau dipasrkan di google.

  1. Setelah teman-teman sudah mengisi semuanya, langkah selanjutnya yaitu meng-klik Submit berwarna biru paling bawah sendiri, kalau gambar diatas saya lingkari warna merah. Setelah itu, teman-teman tunggu sampai ada balasan dari google.

Sebagai tambahan saja, biasanya formulir yang sudah dikirim tidak direspons langsung oleh google dan membutuhkan waktu 3-4 minggu. Dan setelah teman-teman mendapat email dari google, teman-teman akan diminta untuk menyelesaikan proses selanjutnya.

Cara Pasang Buku di Play Book

Setelah teman-teman punya akun Google Play Book, maka langkah selanjutnya yaitu cara pasang Buku di play Book, berikut langkah-langkahnya;

  1. Gunkan akun teman-teman yang sudah teman-teman buat.
  2. Memberikan informasi detail tentang informasi kontak teman-teman.
  3. Perhatikan persyaratan dan ketentuan google Book termasuk Adendum Edisinya. Lalu klik lanjut.
Cara upload buku di google play book

 

Sebagai tambahan saja, supaya bisa upload teman-teman harus punya naskah yang sudah jadi kemudian di layout, dan hal ini bisa menggunakan corel atupun mr. word. Karena tujuan dari ebook untuk di unggah maka teman-teman membuat standart cover buku cetak, setelah itu dijadikan pdf kemudian di upload.

Itulah langkah-langkah yang harus teman-teman kerjakan jika mau jualan ebook di google play book. Tentu adanya Play Book sangat membantu sekali pada teman-teman untuk memasarkan buku terbaik teman-teman yang mau dijual, lebih baik lagi kalau buku itu karya dari teman-teman sendiri.

 

Sudah saharusnya kita bersyukur pada Tuhan yang maha kuasa, sebab tidak semua Negara dapat menjual dan membeli di google Play Book, karena fitur ini tidak semua negara ada. Selanjutnya yitu sistem kerja di Google Play Book, tentu ini menjadi pertayaan besar dari teman-teman. Adapun cara kerjanya yaitu, teman-teman cukup menulis bagian intinya saja, dari isi buku itu, kalau di skripsi kita kenal dengan “abstart” isi pokok dan tujuan dari penelitian dan hasil penelitian. Setelah itu, filenya kirim dalam bentuk PDF atau Epub, dan teman-teman bisa memilih salahsatunya atau bisa menggunakan keduanya.

 

Nah, nantinya pembeli akan baca bagian diskripsi buku yang teman-teman mau jual, dan biasanya para pembeli itu memilih fail yang teman-teman kirim dalam bentuk PDF dan Epub, sebetulnya ini soal selera saja sih. Kalau aku sendiri lebih suka PDF. Yang lebih penting adalah teman-teman menentukan buku yang ingin teman-teman jual, kira-kira teman-teman menjualnya ke-Negara mana saja, dan teman-teman juga mengatur Pengelolaan Hak Digital atau Digital Righat Management (DRM) karena ini yang lebih penting.

 

Demikian tulisan ini saya buat, semoga bermanfaat buat teman teman sekalian.

DAFTAR PUSTAKA

https://arenaponsel.com/cara-menjual-buku-di-google-play-books/

https://support.google.com/books/partner/checklist/4489282?hl=id

https://id.quora.com/Bagaimanakah-cara-membuat-e-book-kemudian-menerbitkannya-di-playstore

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *