Perbedaan Hasil penelitian dalam bentuk Skripsi, Tesis dan Desertasi

Cara Mudah menulis dan menyusun Kerangka hasil penelitian (Skripsi, Tesis dan Desertasi)

Setiap Mahisiswa/i tingkat akhir dari jenjang Sarjana sampai Doktoral wajib melakukan tugas penelitian sebagai tugas akhir perolehan gelar dari perguruan tinggi. Karena itu, penting bagi mahasiswa untuk menyusun Rancangan penelitian sebelum melakukan penelitian. Rancangan penelitian merupakan panduan yang berisi langkah – langkah untuk diikuti oleh mahasiswa dalam melakukan penelitiannya. Membuat rancangan penelitian, perlu diperhatikan mengenai ketersediaan sumber yang akan dipakai sebagai pendukung dan penghalang terselesaikannya penelitian.

Rencangan penelitian biasanya terdiri dari beberapa unsur sebagaimana berikut;

  • BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah, yaitu informasi yang tersusun secara sistematis berkenaan dengan fenomena dan masalah problematik yang akan
  2. Identifikasi Masalah, adalah proses dan hasil pengenalan masalah atau inventarisasi masalah
  3. Batasan Masalah, merupakan upaya membatasi ruang lingkup masalah yang terlalu luas sehingga penelitian tersebut bisa fokus untuk dilakukan
  4. Rumusan Masalah, umumnya berisi pertanyaan mengapa dan bagaimana terkait penelitian atau topik yang dibahas.
  5. Tujuan Penelitian, merupakan sesuatu yang akan dicapai atau ditangani dalam suatu penelitian
  6. Kegunaan Hasil Penelitian, merupakan manfaat bagi kepentingan pengembangan program maupun kepentingan ilmu pengetahuan.
  • BAB II KAJIAN TEORI
  1. Deskripsi Teori, merupakan rangkaian penjelasan yang mengungkapkan suatu fenomena atau realitas tertentu yang dirangkum menjadi suatu konsep gagasan, pandangan, sikap dan atau cara-cara.
  2. Kerangka Berpikir, merupakan diagram yang menjelaskan secara garis besar alur logika berjalannya sebuah penelitian
  3. Hipotesis Penelitian, merupakan penjelasan sementara gejala-gejala, tingkah laku atau suatu kejadian tertentu yang sudah terjadi atau yang mau terjadi.

 

 

  • BAB III METODOLOGI PENELITIAN
  1. Metode Penelitian, cara yang digunakan untuk menentukan beberapa topik serta penentuan judul dalam suatu penelitian.
  2. Populasi dan Sampel adalah keseluruhan dari subjek penelitian, sedangkan sampel adalah sebagian dari populasi tersebut.
  3. Instrumen Penelitian, merupakan alat bantu yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian
  4. Teknik Pengumpulan Data, merupakan cara yang digunakan untuk mengumpulkan informasi atau fakta-fakta yang ada di lapangan.
  5. Teknik Pengolahan Data, merupakan cara – cara mengolah data sehingga data tersebut mempunyai makna untuk menjawab masalah dan bermanfaat untuk menguji hipotesa atau pertanyaan penelitian.
  6. Teknik Analisis Data, merupakan metode dalam memproses data menjadi informasi.
  7. Tempat dan Jadwal Penelitian, Tempat penelitian merupakan lokasi dimana penelitian dilakukan, sedangkan jadwal penelitian melputi persiapan, pelaksanaan dan pelaporan hasil penelitian
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  1. Deskripsi Hasil Penelitian, merupakan gambaran penelitian yang ada, sehingga penelitian lebih mudah dimengerti orang lain yang tertarik dengan hasil penelitian yang dilakukan.
  2. Hasil Pengujian Hipotesis, merupakan jawaban atas pertanyaan yang ada dalam penelitian.
  3. Pembahasan Hasil Penelitian, merupakan hasil dari pengamatan yang terdapat dalam teks ilmiah sebagai laporan observasi tentang penilaian terhadap penelitian.
  • BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
  1. Kesimpulan, merupakan suatu bagian akhir pada penlitian yang berguna untuk menyajikan sesuatu yang singkat dan menggambarkan penutupan tentang penelitian tersebut
  2. Saran, adalah bagian pentutup dalam karya ilmiah, yang isinya berupa komentar atau sanggahan yang beguna memberikan suatu solusi atau manfaat kepada karya ilmiah tersebut.
  • DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka merupakan semacam rujukan seorang penulis dalam menyusun karyanya.

  • LAMPIRAN

Lampiran pada suatu penelitian merupakan salah satu hasil dari penelitian tersebut, biasanya berupa gambar dimana penelitian dilakukan ataupun hasil dari penelitian.

7 poin kerangka tersebut sangat penting untuk dipahami guna memaksimalkan proses penyusunan laporan hasil penelitian yang maksimal.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *