Cara Mudah Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

MEMBUAT DAFTAR ISI DI MS WORD SECARA MANUAL DAN OTOMATIS BERIKUT CARANYA

Sebagai pelajar siswa ataupun mahasiswa seringkali mendapatka tugas dari guru ataupun dosen yang bersamaan dengan mata pelajaran lainya. Sehingga mengakibatkan tugas menumpuk dan mangkrak. Maka dari itu parlu metode cepat untuk menyelesaikanya, tidak terkecuali dalam hal ini para pekerja kantoran, guru maupun dosen ketika membuat laporan. tentu dalam laporan memuat halaman dan sub-sub bahasan penting untuk dilaporkan, begitupun dengan makalah ataupun skripsi. Seringkali kita jumpai beberapa mahasiswa/i ketika buat makalah dan skripsi, ketika buat daftar isi melakukanya secara biasa-biasa saja, begitupan dengan guru, dosen dan karian kantoran, jelas hal ini akan memakan waktu lebih lama. Berikut langkah-langkah buat daftar isi di Miscrosof word secara manual dan otomatis:

  1. Daftar Isi Otomatis
  2. Copy Paste Daftar Isi

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuka file Makalah atau skripsi atau jenis karya tulis ilmiah lainya kemudian blok bagian daftar  isinya saja, lalu Ctrl C, dan buka Word baru kemudain Ctrl V untuk copy paste.

  1. Home – Paragraph

Langkah kedua silahkan teman-teman klik bagian home  kemudian posisi dibawahnya Themes Colors ada bacaan paragraph di ujung pojok ada tanda panah seperti yang ada dalam kurung ini (   ), klik tanda panah itu, kemudian ada bacaan indents and Spacing, dibawahnya ada bacaan Genaral, lalu di situ ada bacaan Alignment dan Qutline Level. Teman-teman pilih bacaan yang pertama (Alignment) posisi paling atas, setelah itu teman-teman pilih bacaan lette posisi paling atas sendiri.

  1. Klik Tabs

Langkah ketiga teman-teman klik Tabs posisi pojok paling kiri, setelah itu akan muncul banyak jendela. Dibawah Top Stop Position disitu ada kurung kosong, teman-teman bisa memberinya angka 15, lalu ada tiga pilihan, kurang lebih seperti dalam kuru ini (              ), pertama ada bacaan left kedua center dan terakhir Righat. Teman-teman pilih yang terakhir dan menghitamkan seperti yang ada dalam kurung diatas.

  1. Set – Ok

Langkah ke-Empat teman-teman memilih dan mengklik bacaan Set, setelah itu klik ok. Maka jadinya seperti yang terdapat pada gambar di bawah ini.

contoh daftar isi otomatis

 

Selain cara yang saya sebutkan diatas ada cara lain untuk membuat daftar isi secara manual dan otomatis. Berikut langkah-langkahnya:

  • pertama, teman-teman terlebih dulu mengatur Heading– nya, tujuanya supaya bagian sub (skripsi ataupun makalah) dan karya tulis ilmiyah lainya kebaca oleh word, lalu teman-teman mengatur Fitur Styles yang terletak pada Home, selanjutnya teman-teman pilih Heading satu untuk bagian pertama dan Heading kedua bagian sub.
  • Kedua, teman-teman memasukan daftar isi. Posisi paling atas ada bacaan References kemudian klik bacaan itu dan akan muncul bacaan Tabel Of Contents (posisinya ada di paling pojok kiri), kemudian klik bacaan itu, maka akan muncul banyak opsi atau pilihan. Opsi pertama dan kedua yaitu Automatic Table, artinya tabel otomatis, dan opsi ketiga yaitu Manual Table yang artinya tabel manual. Adapun contohnya seperti di bawah ini.
Daftar Isi Otomatis
Daftar Isi Menual

Pada gambar diatas terdapat perbedaan yang sangat signifikasi. Tabel pertama dan kedua berfungsi secara otomatis dan tabel ke tiga berfungsi secara manual. Pada tabel ketiga dalam arti singkatnya teman-teman menulis secara manual daftar isi yang ada pada sub makalah, sekripsi dan karya tulis ilmiah lainya. Dan apabila nantinya teman-teman di daftar isi, terdapat perubahan maka langkah yang diambil adalah menekan tombol ubdate tabel di pojok kiri paling atas, disitu ada pilihan update nomer halaman  dan update secara keseluruhan.

  1. Daftar Isi Manual
  2. Mengatur Righat Tab

Pertama yang harus dilakukan oleh teman-teman yaitu mengatur Righat Tab terlebih dulu, untuk menampilkan Righat Tab teman-teman terlebih dahulu menampilkan Ruler pada Tab view, setelah itu teman-teman mengatur posisi Righat Tab melalui Ruler yang sudah ditampilkan bagian atas dokumen. Maka dengan begitu teman-teman bisa meletakkan nomer halaman disini dengan rapi.

  1. Memunculkan Titik dengan Rapi

Berikutnya teman-teman melakukan double click pada Tab tersebut sampai muncul menu Pop-UP. Pada menu ini, teman-teman pilih opsi kedua, yang mana pungsinya untuk membuat titik-titik yang bisa digunakan pada bagian daftar isi.

  1. Memasukkan Daftar Isi

Setelah langkah satu dan dua sudah berhasil selanjutnya teman-teman masuk pada langkah berikutnya, yaitu masukan daftar isi dan masukkan judul skripsi, makalah dan jenis artikel lainya, kemudian tekan tombol Tab yang ada di keyboard untuk memunculkan titik-titik. Berikutnya langkah terakhir yang harus teman-teman lakukan adalah masukkan nomer halaman yang sesuai dengan judul bagian tersebut.

 

Cara ini cukup mudah untuk di praktekkan oleh teman-teman yang punya tugas kampus baik itu skripsi, makalah atau jenis karya tulis lainya. Dan cara ini tentu lebih mudah dan cepat. Semoga berguna untuk teman-teman, selamat mencoba!

Anda Punya tulisan dan Ingin dicetak menjadi Buku Resmi ber ISBN

Klik disini

DAFTAR PUSTAKA

https://news.detik.com/berita/d-4869172/cara-membuat-daftar-isi-otomatis-dan-manual-di-word

karyatulisku.com/cara-membuat-daftar-isi-ms-word

1 komentar untuk “Cara Mudah Membuat Daftar Isi Secara Otomatis”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *