Ini Dia Tips Naskah Diterima Penerbit

1. Kelengkapan Naskah Dan Data Diri

Sebelum mengirim naskah setidaknya ada tiga komponen yang harus Anda perhatikan, yakni naskah, sinopsis dan data diri. Selain itu ada juga komponen lain seperti surat penyataan keaslian naskah, namun persyaratan ini tidak semua penerbit memintanya. pastikan naskah Anda rampung, hal ini dianjurkan agar beban Anda tidak menumpuk dan akan lebih mudah direview.

Untuk sinopsis, sertakan secara lengkap. Dari awal cerita hingga akhir cerita, hal ini perlu karna penerbit harus mengetahui apakah naskah tersebut layak atau tidak. Hindari sinopsis yang menggantung dan berakhir dengan kalimat pertanyaan seperti “Bagaimana kelanjutan kisahnya?” “Apakah si A akan bertemu dengan si B?”, kalimat-kalimat fatal bagi nasib naskah Anda.  Sebaiknya Anda mempelajari perbedaan blurb dan sinopsis terlebih dahulu, sehingga Anda tidak salah dalam memilih kalimat yang tepat.

Jangan lupa sertakan data diri Anda, hal ini jangan sampai terlewat bagaimana pun keadannya. Bayangkan ketika tulisanmu berkualitas dan layak diterima oleh penerbit, tetapi identitas tidak terlampir sama sekali sehingga penerbit tidak jadi mempublikasikan atau malah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Bukankah hal seperti itu sangat menakutkan?

Selain tiga komponen itu, bacalah dengan teliti syarat dan ketentuan yang diberikan oleh penerbit yang Anda tuju, karna setiap penerbit tentunya memiliki ketentuan dan kebijakan yang berbeda.

2. Format Tulisan

Format tulisan menjadi penilaian penting bagi editor. Pastikan Anda memformat naskah Anda dengan font yang sederhana. Biasanya, format penulisan menggunakan Times New Roman ukuran 12, format ini sangat umum di berbagai jenis tulisan apa pun. Hindari font yang sulit dibaca. Terkadang penulis masih yang menggunakan font berbentuk latin atau font bergaya lainnya dengan tujuan memberikan estetika, malah membuat orang yang membacanya pusing dan sakit mata.

3. Ketelitian Tulisan

Mengirimkan naskah pada penerbit sama halnya dengan mengirim tugas ujian pada dosen. Jika ada kesalahan baiik penulisan atau pun isi, maka akan mengurangi nilai dari tugas tersebut. Sebelum mengirim karya pada penerbit, pastikan sudah tidak ada kesalahan dan typo pada naskah Anda. Jangan bosan untuk mengoreksi ulang tulisan Anda. 

Carilah kata-kata yang menurut Anda masih perlu perbaikan, temukan kalimat-kalimat yang masih ambigu atau tidak nyambung, tiliklah tanda baca dalam setiap baris kalimat Anda. Maka dari itu, sertakan pedoman penulisan seperti PEUBI dalam setiap proses menulis dan menyunting naskah Anda.

4. Jangan Kirim Satu Naskah Ke Dua Penerbit

Sebelum Anda ingin mengirimkan sebuah naskah, tentukan salah satu penerbit yang Anda yakini. Banyak sekali fenomena penulis mengirimkan satu naskah pada dua atau lebih penerbit dengan tujuan mencari peluang diterimanya lebih banyak. Padahal tindakan seperti itu dapat membahayakan reputasi penulis sendiri.

Ketika penulis mengirimkan satu naskah pada dua penerbit dan dua-duanya sama diterima, bukannya menyenangkan malah bikin bingung. Pasalnya, apabila kita menarik naskah dari salah satu penerbit dengan alasan telah diterima terlebih dahulu oleh penerbit lain, bisa-bisa nama Anda diblacklist karna telah menghilangkan kepercayaan penerbit. Tentunya hal itu akan menjadi pengaruh bagi masa depan tulisan Anda selanjutnya.

5. Kirim Ke Penerbit Yang Sesuai

Setiap penerbitan tentu mempunyai ciri khas masing-masing, terutama pada buku-buku yang mereka terbitkan. Jangan sampai Anda salah mengirimkan naskah pada penerbit yang tidak sefrekuensi dengan genre tulisan Anda. Untuk menghindarinya, carilah referensi dari di toko buku dan perhatikan siapa penerbitnya.

Selain itu, perlu kesabaran untuk mendapat kabar dari penerbit setelah Anda mengirimkan karya. Biasanya penerbit membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 bulan untuk mengkonfirmasi naskah. Jika setelah lima bulan anda masih belum mendapat kabar, ada baiknya Anda mengontak penerbit yang bersangkutan. 

Konsultasikan kebutuhan anda bersama Ciptapublishing, Kami siap membantu anda sepenuh hati.

Artikel Lainnya

www.ciptapublishing.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *