KENAPA MENULIS BUKU ITU SANGAT PENTING (MANFAAT MENJADI MENULIS BUKU)

Pramodya Ananta Toer “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

Apa yg disampaikan oleh pram diatas sangat relevan sampai kapanpun, bahwa sepandai apapun orang, bila dia tidak meninggalkan jejak (Tulisan) dia akan hilang ditelan sejarah. Sebaliknya, mereka yg mempunyai banyak karya tulis (buku) akan terus hidup sepanjang masa bersamaan dengan karyanya. Selama tulisannya masih eksis maka nama penulis akan terus dibicarakan oleh banyak orang, baik di perbincangan warung kopi, dalam kelas, ruang seminar, diskusi kelompok, dan seterusnya. Sebut saja Pramodya Ananta Toer, Mahbub Djunaidi, Tan Malaka, Buya Hamka, adalah penulis hebat Indonesia yg karya karyanya sampai saat ini masih hidup dan banyak dibaca oleh masyarajkat dan Indonesia dan dunia. Meskipun beliau semua sudah tiada, pemikiran beliau masih tetap ada sampai saaat ini. Andai saja beliau tidak menjadikan pemikirannya dalam bentuk tulisan, mungkin saat ini sedikit sekali atau bahkan tidak ada lagi orang yg menyebut Namanya.

Sebelum membahas tentang mengapa seorang perlu menulis, penting kiranya kita mengerti dan paham apa itu kegiatan menulis.? Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Menulis biasa dilakukan pada media kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil, atau pada perangkat elektronik (Digital) seperti pada Leptop, PC, atau handphone. Nurjamal dalam Sumirat, Darwis (2011:69) menyatakan bahwa Menulis merupakan kemampuan seseorang di dalam mengemukakan sebuah gagasan, perasaan, dan juga pemikiran-pemikiran yang dimiliki kepada orang ataupun pihak lainnya dengan menggunakan sebuah media tulisan. Tarigan dalam Syarif, Zulkarnaini, Sumarno (2009:5) mengatakan “Menulis ialah mengespresikan secara tertulis sebuah gagasan, ide, pendapat, ataupun pikiran dan juga perasaan.”

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa kegitan menulis buku adalah kegiatan menuliskan Gagasan, Perasaan atau Pengalaman baik melalui alat tulis konvensional (Kertas & Pen) atau digital (Leptop, PC, HP). Tulisan tersebut kemudian dikumpulkan menjadi 1 konten, untuk kemudian dicetak menjadi buku bacaan. Ada berbagai macam konten yg bisa ditulis untuk dijadikan buku, bisa kumpulan cerita pendek, Novel, Kumpulan artikel, profile took public, Hasil penelitian, buku pengetahuan, buku ajar dosen, dll. Karya tulis akan sangat bernilai jika ditulis oleh ahlinya, karena itu, bila anda mau menulis, menulislah sesuatu yg anda paham tentangnya. Kerena menulis bukan tentang hanya menghasilkan tulisan, tapi bagaimana agar orang lain mau membaca tulisan kita. Karena dengan semakin banyaknya orang yg suka terhadap tulisan seorang, akan menghasilkan banyak manfaat bagi penulisnya.

Berikut beberapa manfaat menjadi penulis buku.

  1. Menambah Angka Kredit Akademik (Kum Dosen)

Jika anda seorang dosen atau akademisi kampus, menulis buku adalah keharusan yg wajib anda lakukan, terutama berkaitan dengan proses karir akademik (Kepangkatan Dosen) anda di tempat anda mengajar, sesuai dengan aturan Kepmenkowasbangpan No. 38/KEP/MK.WASPAN/8/1999 tentang jabatan fungsional Dosen dan angka kreditnya. Dosen yg memiliki terbitan buku lebih banyak tentu akan mempercepat proses kepangkatan akademiknya menuju Guru Besar (Profesor). Sedangkan Angka kredit buku yg didapat Penuli adalah 20 per buku.

  1. Memberikan pengetahuan pada para pembacanya

Penulis tidak ubahnya seperti pembawa pesan. Maka dari itulah mereka menulis untuk memberitahukan pada pembacanya tentang apa yang mereka ketahui dan mereka pahami. Ini adalah manfaat yang paling utama sebagai seorang penulis. Seorang penulis bisa mempengaruhi pembaca melalui tulisannya. Selain itu, Penulis juga akan mendapat pahala jika tulisannya mampu menjadikan pembacanya menjadi orang baik/berbuat baik.

  1. Memperluas pengetahuan

Penulis hebat bukan hanya karena kemampuan menulisnya yg bagus, tapi karena memiliki pengetahuan yg luas. Pengetahuan yg luas tentu bukan hal yg dating dengan sendirinya, melainkan melalui kegiatan membaca yg tekun. Ketika seorang menulis, secara otomatis dia juga harus membaca. Karena hukumnya jelas, semakin banyak membaca maka akan dengan mudah bisa menuliskan ilmu yg didapat dari bacaan tersebut. Ini membuka wacana anda terhadap hal-hal baru.

  1. Memperluas pertemanan

Jangan anda pikir bahwa hanya lewat Facebook, Instagram, Wasap dan media social lainnya anda bisa mendapatkan teman. Dari aktifitas penulisan anda, anda mampu mendapatkan banyak teman yang bukan hanya sekedar teman, tapi teman yang berkualitas dan tentunya bisa meningkatkan kualitas tulisan anda. Anda akan banyak bertemu dengan berbagai penulis hebat yg sama sama punya konsen dalam bidang kepenulisan.

  1. Melatih komunikasi

Coba perhatikan, jika anda bertemu dengan salah seorang kawan yang menulis artikel formal, ia sedikit banyak akan bicara sebagaimana apa yang ditulisnya, dia akan lebih banyak menggunakan bahasa formal, teratur dan santai. Bandingkan dengan kawan anda yang menulis tulisan yang bersifat komedi, sedikit banyak berpengaruh pada aktivitas komunikasinya. Menulis membantu melatih komunikasi sehingga bisa berkomunikasi dengan baik dengan berbagai macam orang.1 poin yg akan membantu komunikasi anda, bila anda seorang penulis, anda akan banyak memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk didiskusikan dengan teman anda.

  1. Memberikan penghasilan tambahan

Anda tahu, J K  rowling, penulis serial Harry Potter, atau Andre Hirata, penulis mega best seller lascar Pelangi yg banyak diterjemahkan ke berbagai bahasa. Berapa royalty yg didaptkan kedua orang tersebut terhadap tulisannya. Silahkan googling sendiri yaa …? Jadi dengan menulis kita akan mendapatkan royalty dan akan terus mengalir selama tulisan kita masih banyak yg suka.

  1. Menjadi terkenal

Sebagaimana telah saya bahas di awal, bahwa dengan menulis nama kita akan dibicarakan banyak orang, kita akan menjadi terkenal, nama nama anda akan banyak didisplay di toko toko buku bersmaan dengan buku yg anda tulis. Bahkan saat seorang penulis buku sudah tiada, nama dan karyanya akan tetap ada dan dibaca oleh orang lain.

Itulah beberapa alasan kenapa sangat pentinhg sekali menjadi penulis buku, anda mau belajar menulis, mari belajar Bersama kami, anda punya tulisan (Novel, kumpulan cerpen, atau kera ilmiah) yg ingin dijadikan buku berstandard nasional ber ISBN, terbitkan karya anda Bersama kami di cipta publishing.

 

1 komentar untuk “KENAPA MENULIS BUKU ITU SANGAT PENTING (MANFAAT MENJADI MENULIS BUKU)”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *