Macam Macam Ukuran Buku: Novel, Cerpen, Referensi, Buku Ajar, Monograf, Jurnal dan Buku Edukasi

Buat kamu yang sedang menulis atau akan menulis buku, hal yang perlu kamu ketahui adalah macam-macam ukuran buku. Karena setelah menulis buku dan kamu ingin menaikkan ke penerbit, kamu juga perlu memahami jenis buku yang ingin kamu terbitkan serta ukuran buku yang sesuai dengannya. Ada banyak ukuran buku yang belum diketahui oleh khalayak umum dan artikel ini akan menjelaskannya satu per satu dengan detail.

Cetak karyamu bersama kami di https://ciptapublishing.com/

Sesuia yang kita ketahui bahwa setiap jenis buku mempunyai ukuran standart masing-masing dan jenis dan ukuran buku bagi penerbitan sudah berlaku secara umum. Hal ini juga yang menentukan kenyamanan pembaca saat menikmati karya-karyamu yang sesuai standart ukurannya.

Sudah tentu ukuran buku seperti novel tidak mungkin sama dengan jenis buku akademik atau ilmiah seperti jurnal, novel sering dibawa kemana-mana dan ukurannya pun perlu yang lebih kecil.

Mengetahui ukuran buku beserta jenis bukunya sangat penting bagi penerbit dan penulis yang igin menerbitkan karyanya. Berikut inilah beberapa macam-macam ukuran buku dalam penerbitan:
  • Novel

Novel merupakan karangan prosa panjang, memuat rangkaian cerita kehidupan seseorang dan orang-orang disekitarnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Penerbit mencetak novel dengan ukuran duadesimo (13 x 19 cm), selain ukurannya yang lebih kecil dan praktis, dengan ukuran ini juga novel mudah dibawa kemanapun dan ringan dalam genggaman.

  • Novel dan Umum

Novel juga bisa menggunakan ukuran buku A5 (14 x 20 cm). Ukuran ini masih terhitung kecil dan masih cocok untuk novel yang mudah dalam genggaman. Ukuran buku ini juga digunakan saat menerbitkan buku-buku umum.

  • Puisi dan Blocknote

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Puisi adalah gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secera ccermat sehingga mempertajam kesadaran orang kana pengalaman hidup dan kebanggkitan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama dan makna khusus serta terdiri dari larik dan bait. Untuk menerbitkan puisi dan blocknote menggunakan ukuran buku A6 (10 x 15 cm), ukurannya lebih kecil dari ukuran novel dan buku umum karena memperhatikan jumlah kata yang lebih sedikit daripada dua buku sebelumnya. Ini juga menghindari lebih banyak ruang kosong dalam buku.

  • Umum dan Edukasi

Dalam mencetak buku umum dan edukasi ada dua ukuran. Pertama, menggunakan ukuran buku B5 ISO (17 x 25 cm). Kedua, menggunakan ukuran B5 JIS (18,2 cm x 25,7 cm).

  • Puisi, Novel dan Esai

Mengutip dari Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), esai juga merupakan karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang penulisnya. Perbit juga menggunakan ukuran B6 JIS (12,8 cm x 18,2 cm) untuk puisi, novel dan esai.

  • Akademisi dan Ilmiah

Ukuran buku yang paling umum digunakan oleh penerbit adalah ukuran Unesco (15.5 x 23 cm). Penggunaannya beragam tetepi biasanya ukuran Unesco digunakan untuk mencetak buku-buku ilmiah yang bersifat akademik.

  • Jurnal dan Edukasi

Banyak orang belum memahami apa itu jurnal? Jurnal adalah puplikasi ilmiah, memuat beberapa artikel, pada umumnya terbit secara reguler, misalnya terbit dua kali sampai empat kali dalam setahun. Nah, Untuk mencetak buku-buku yang bersifat akademik dan edukatif seperti jurnal, penerbit menggunakan ukuran A4 (21 cm x 29,7 cm). Ukuran A4 sudah tidak asing lagi, karena ukuran ini adalah standart pakem bagi para pelajar dan akademisi.

Bisa dperhatikan juga, berikut ini adalah tabel buku beserta ukurannya:

Buku Nama Ukuran Ukuran
Novel Duadecimo 13 cm x 19 cm
Novel & Umum A5 14 cm x 20 cm
Puisi A6 10,5 cm x 14,8 cm
Umum & Edukasi B5 JIS 18,2 cm x 25,7 cm
Umum & Edukasi B5 ISO 17,6 cm & 25 cm
Novel, Puisi & Esai B6 JIS 12,8 cm x 18,2 cm
Akademisi & Ilmiah Unesco 15,5 cm x 23 cm
Jurnal & Edukasi A4 21 cm x 29,7 cm

 

Demikianlah macam-macam ukuran buku serta jenis buku yang perlu diketahui oleh penerbit dan para penulis buku yang mengnginkan karyanya dipublikasikan secara cetak. artikel ini sudah menjelaskan secara terperinci mulai dari ukuran untuk novel, puisi, umum, edukasi, esai, akademik, ilmiah sampai jurnal.

Sebagian orang sudah mengetahui macam-macam ukuran buku ini, mungkin artikel ini akan menambahkan pengetahuan meski. Sekian itu saja informasi mengenai jenis dan ukuran buku, semoga bermanfaat.

 

Sahabat cipta sudah pernah mencetak buku jenis apa saja? Dengan ukuran apa yang mana? berikan jawabannya di kolom komentar ya sahabat cipta.

Mau cetak buku? Klik disini lihat paket penerbitan menarik.

 

Sumber:

Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI)

https://only-print.com/ukuran-buku/

 

1 komentar untuk “Macam Macam Ukuran Buku: Novel, Cerpen, Referensi, Buku Ajar, Monograf, Jurnal dan Buku Edukasi”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *