MEMAHAMI ISBN BUKU, FUNGSI DAN CARA MENGURUS ISBN BAGI PENULIS

APA ITU ISBN BUKU, FUNGSI DAN CARA MENGURUS ISBN BAGI PENULIS

Bagi para penulis istilah barcode ISBN sudah tidak asing lagi, tetapi bagi sebagian penulis belum mengetahuinya terutama penulis baru. Bagi penulis baru yang ingin menerbitkan karyannya, maka mengenal istilah barcode ISBN merupakan sebuah keharusan. Artikel ini akan mengulas apa itu barcode ISBN serta bagaimana cara mengurusnya secara mandiri.

Secara definitif Barcode ISBN adalah kode garis hitam putih yang merupakan lambang pengganti angka dan mempunyai ketebalan dan kehalusan garis yang dapat terbaca mesin atau informasi terbacakan mesin dalam format visual yang tercetak. Perjanjian antara GS1 European Article Number International dan Uniform Code Council (EAN- UCC) dengan International ISBN dan International ISMN menghasilkan simbol barcode atau kode ISBN.

Tempat barcode/kode ISBN pada cover/kulit buku bagian belakang, sehingga alat scanner dapat melakukan pengecekan dengan mudah.

Dalam struktur kode ISBN setiap nomor mempunyai makna tersendiri dan merupakan identifikasi unik pada setiap buku yang diterbitkan oleh penerbit. Oleh sebab itu tidak akan ada nomor ISBN yang ganda, sehingga hal ini memudahkan dalam menemukan buku yang dikeluarkan oleh sebuah penerbitan.

Contoh : ISBN 978-602-8519-93-9

Keterangan :

978 : Angka pengenal produk terbitan buku dari EAN (Prefix identifier)

602 : Kode kelompok / Kode negara

8519 : Kode penerbit (publisher prefix)

93 : Kode Judul (title identifier)

9 : Angka pemeriksa (check digit)

Contoh ISBN Buku dan Kode Barcode

Pada umumnya penerapan ISBN ditulis dengan huruf cetak yang jelas dan mudah dibaca. Penulisan singkatan ISBN yaitu dengan huruf besar berada di depan penulisan angka pengenal kelompok, pengenal penerbit, pengenal judul dan angka pemeriksa.

Setiap dari bagian pengenal dipisah dengan tanda penghubung, perhatikan contoh ini: ISBN 978-602-8519-93-9. ISBN seharusnya dicantumkan dalam terbitan cetak pada bagian-bagian berikut:

Back cover, bagian bawah pada sampul belakang.

Verso (dibalik halaman judul) (halaman copyright).

Spine, Punggung buku untuk buku tebal, apabila keadaan memungkinkan.

Kode-kode angka tersebut dapat diibaratkan sebagai sidik jari pada sebuah buku. Namun selain itu, penerbit yang mempunyai ISBN dalam mencetak buku dianggap sah dan terverifikasi dan ISBN itulah sebagai buktinya.

Untuk mendaftarkan ISBN, ada beberapa syarat bagi penerbit baru yang harus disiapkan. Caranya mudah dan bisa dilakukan secara online. Misalnya Penertbit harus mempersiapkan surat pernyataan bermaterai 6000, akta pendirian lini penerbitan, dan Memorandum of Understanding (MoU).

Penerbit harus scan semua dokumen tersebut, kemudian unggah pada saat  proses pendaftaraan online. Untuk mendaftar ISBN secara daring, lakukanlah cara-cara berikut sebagaimana dilansir oleh Portal Informasi Indonesia:

  1. Buka laman isbn.perpusnas.go.id melalui browser.
  2. Pada halaman utama, Klik pada pilihan Daftar Online.
  3. Pada step 1, penerbit harus mengisi jenis penerbit yang ingin didaftarkan. mengunggah hasil scan surat pernyataan bermaterai 6000 dengan format file PDF pada menu yang ada dibawahnya.
  4. Kemudian mengunggah hasil scan file legalitas berupa akta pendirian dari notaris dalam format PDF juga.
  5. Pilih Next di bagian kanan atas, setelah semua terisi.
  6. Pada Step 2 penerbit diminta mengisi data perusahaan penerbitan yang akan didaftarkan melingkupi nama penerbit, username dan password (untuk log in setelah mendaftar akun), alamat, nama admin, email, dan telepon. Untuk lanjut ke tahap selanjutnya, Klik Next.
  7. Kemudian di Step 3 penerbit harus mengisi alternatif kontak yang bisa dihubungi. Menyertakan laman penerbitan Anda pada kolom website. Anda harus menjawab pertanyaan pada bagian bawah untuk proses verifikasi. Setelah selesai klik Next.
  8. Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa pendaftaran Anda telah berhasil. Selanjutnya untuk memvalidasi akun Anda diminta menghubungi nomor yang tertera. Anda akan mendapatkan tautan untuk verifikasi, Cek email anda.
  9. Hari kerja Senin-Jumat untuk melakukan proses daftar online kecuali libur nasional.
  10. Setelah akun Anda terverifikasi, kemudian log in menggunakan username dan password yang tadi Anda daftarkan.
  11. Pada menu bar bagian atas, klik menu Daftar ISBN 12. Anda harus mengisi data buku meliputi judul, tahun terbit, jumlah halaman, tinggi, kategori, jenis, dan media. Selain itu Anda juga harus mengunggah berkas pengajuan yang meliputi surat permohonan di atas kertas kop surat dan telah ditandatangani pimpinan penerbitan serta telah distempel, halaman judul, balik halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi. File berkas-berkas tersebut jadikan satu dengan format PDF berukuran tak lebih dari 2 megabyte.
  12. Setelah semuanya selesai, pilih icon Kirim. Anda akan mendapat pemberitahuan bahwa pendaftaran telah diterima. Selanjutnya ISBN akan diterbitkan apabila petugas telah memeriksa kelengkapan berkas dan semua berkas dinyatakan lengkap.
  13. Anda hanya perlu mengunggah surat permohonan, halaman judul dan cover, serta balik halaman judul, untuk pengajuan berkas buku anak-anak. Ketiganya discan menjadi satu dengan format PDF dan tidak boleh lebih dari 2 megabyte.
  14. Anda bisa menambahkan keterangan di menu unggah berkas pengajuan, untuk buku berjilid. Dokumen yang diperlukan untuk buku berjilid adalah surat permohonan, halaman judul, balik halaman judul, kata pengantar, daftar isi. Scan kelima file tersebut dan jadikan satu dalam format PDF dengan ukuran maksimal 2 megabyte.
  15. Pada akun Anda akan ada informasi sejauh mana proses pendaftaran ISBN Anda. Apabila dinyatakan belum lengkap, maka akan muncul bagian mana yang harus diperbaiki.

Sumber:

https://isbn.perpusnas.go.id/Home/InfoBarcode#:~:text=Barcode%20ISBN%20adalah%20kode%20garis,dalam%20format%20visual%20yang%20tercetak

Dinda Silviana Dewi, https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/syarat-dan-tahapan-registrasi-isbn-secara-online-eqVP

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *