Membuat E-Book Dengan Mudah!

Dewasa ini, hampir semua literatur dapat kita akses melalui internet. Baik artikel, jurnal, maupun e-book. E-book merupakan singkatan dari electronic book atau buku elektronik. E-book ini merupakan buku yang dikemas dalam versi digital yang dapat dibuka melalui gawai maupun komputer.

Dalam bentuknya, format e-book sangat beragam. Berawal dari format DOCX (MS Word), HTML, ePUB, PDF, DJVU, dan TXT ke berbagai format e-book seperti ePUB, DOCX, MOBI, PDF, dan PRC.  Umumnya e-book berbentuk PDF (Portable Document Format), htm yang dapat diakses melalui browser secara offline, ada juga yang berbentuk format exe. Sebelum membuat e-book, ada tiga syarat utama yang harus Anda lewati antaranya:

1. Menguasai topik

Sama seperti penulis buku, penulis e-book harus menguasai topik dan ahli tehadap pengetahuan dan bidang tertentu, terutama ilmu yang relevan dengan kajian yang akan ditulisnya. Atau, jika Anda seorang desainer pesanan, maka Anda harus menguasai beberapa software yang digunakan untuk membuat e-book.

2. Menguasai bahasa

Selain menguasai bidang pengetahuan tertentu, penulis e-book juga harus menguasai bahasa, baik dari segi dialektika maupun tatabahasa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah PEUBI (Pedoman Ejaan Umum Bahasa Indonesia).

3. Perangkat

Setelah dua syarat tersebut terpenuhi, Siapkan perangkat atau software yang Anda  kuasai. Beberapa perangkat atau software yang umum digunakan untuk membuat e-book sebagai berikut.

3. Perangkat

Setelah dua syarat tersebut terpenuhi, Siapkan perangkat atau software yang Anda  kuasai. Beberapa perangkat atau software yang umum digunakan untuk membuat e-book sebagai berikut.

 

3. Perangkat

Setelah dua syarat tersebut terpenuhi, Siapkan perangkat atau software yang Anda  kuasai. 

 

Beberapa perangkat atau software yang umum digunakan untuk membuat e-book sebagai berikut.

Calibre

Calibre adalah pembuat e-book gratis dan multi-platform (Windows, Linux, iOS). Software pembuat e-book ini dilengkapi dengan hampir seluruh fitur lanjutan yang Anda butuhkan untuk membuat e-book sendiri.

Calibre mendukung konversi dari banyak format masukan (AZW, AZW3, AZW4, CBZ, CBR, CBC, CHM, DJVU, DOCX, EPUB, FB2, HTML, HTMLZ, LIT, LRF, MOBI, ODT, PDF, PRC, PDB, PML, RB, RTF, SNB, TCR, TXT, dan TXTZ) kemudian mengonversinya (format keluaran) menjadi format e-book populer seperti AZW3, EPUB, DOCX, FB2, HTMLZ, OEB, LIT, LRF, MOBI, PDB, PMLZ, RB, PDF, RTF, SNB, TCR, TXT, TXTZ, dan ZIP.

Pilih file masukan dari PC melalui opsi Add Books. Tambahkan metadata (author, title, description) pada e-book Anda. Calibre juga memiliki fitur e-book cover creator; fitur untuk cara membuat e-book gratis dengan menambahkan gambar custom yang dapat dijadikan cover e-book.

Anda juga dapat mengubah tampilan e-book Anda, menambahkan daftar isi, mencari kata tertentu dan mengganti banyak kata-kata sekaligus. Buatlah e-book sesuai keinginan Anda dengan berbagai format yang telah disebutkan diatas.

Setelah konversi selesai, Anda dapat menyimpan e-book pada PC atau langsung mengirimnya pada device tertentu, apabila device tersebut tersambung dengan PC Anda. Anda pun bisa melakukan download, edit, dan mengubah preferensi e-book dengan software ini.

Sigil

Cara membuat e-book gratis salah satunya dengan aplikasi software Sigil. Sigil adalah aplikasi untuk manajemen dan pembuatan digital book dengan format epub, dimana Anda dapat membuat digital book sesuai keinginan Anda. Sigil mendukung format text, html dan format epub. Selain teks, Anda juga bisa menyisipkan gambar atau sampul buku dengan ukuran maksimal lebar 590 dan tinggi 750 pixel. Untuk menjadikan gambar tersebut sebagai cover, tinggal klik kanan pada gambar dan pilih “Add Semantics” kemudian pilih “Cover Image.”

Ada sekitar 20 tools yang bisa Anda gunakan dengan fungsi yang beragam di sini. Sigil juga dilengkapi tool yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa kesalahan pada file epub tersebut. Caranya dengan mengklik tombol centang berwarna hijau untuk memverifikasi apakah sudah bebas dari kesalahan atau belum, sebelum mendistribusikannya. Sigil juga didukung 15 macam bahasa serta dapat berjalan pada sistem operasi Windows, Linux dan Mac, dengan begini Anda bisa menggunakannya dimana saja.

Untuk mendapatkan software ini, Anda bisa mendownload melalui google atau dapat  dapat mengakses websitenya di https://code.google.com/p/sigil/. Semenjak versi 0.7.0, Sigil juga sudah mendukung import file video dan audio. Dalam tutorial kali ini kita akan menggunakan sigil versi 0.7.1.

Mobi Pocket Creator

Selain gratis, aplikasi ini juga memiliki multifungsi. Anda cukup mengunggah file e-book Anda dalam bentuk DOCX atau PDF kemudian convert kembali menggunakan aplikasi ini. Dengan Mobi Creator, Anda dapat mencetak e-book dalam format PRC atau PRCX. Cara membuat e-book gratis melalui mobi pocket creator terdapat beberapa tahapan:

  1. Klik addd file (item) kemudian pilih file draft e-book Anda yang ingin diunggah
  2. Klik cover image untuk menambahkan gambar yang sudah Anda siapkan untuk dijadikan sebagai cover buku
  3. Klik table of contents untuk menambahkan daftar isi
  4. Klik book setting untuk melakukan beberapa setting kecil
  5. Klik metadata untuk menambah keterangan seperti author, tittle, description.

Sotf Maker Free Office 2016

SoftMaker FreeOffice 2016 adalah software gratis alternatif Microsoft Office. Fitur Export to EPUB termasuk fitur baru yang tidak terdapat pada SoftMaker 2012 Standard Editon yang dapat kita unduh gratis di sini.

Aplikasi ini dapat menjadi pilihan utama untuk membentuk file EPUB karena kemudahannya sama dengan kemudahan menyimpan file PDF layaknya di Microsoft Word. Kelebihan lainnya dari aplikasi ini yakni memiliki versi android yang mana belum banyak ahli yang mengembangkan software jenis ini. Selain itu, aplikasi ini memiliki penyimpanan yang banyak. Jika Anda seorang pemula, aplikasi ini direkomendasikan sebagai alternatif terbaik.

ePUBee Maker

Aplikasi ePUBee Maker merupakan salah satu tools atau aplikasi yang bisa Anda bisa gunakan untuk cara membuat e-book gratis. Bagusnya lagi aplikasi ini sudah langsung terhubung dengan Microsoft Award. Berikit ini merupakan tahapan cara membuat e-book gratis dengan ePUBee Maker:

  • Quick Publis yang digunakan untuk mengkonversi file MS, word docx, kd format ePUB tanpa seperti outhor, title, description, dan masih banyak lainnya.
  • Publish, ketika Anda mau menekan tombol ini, pastikan sebelum e-book Anda resmi dipublish, Anda diberi opsi menambah cover dan pengisian info seperti author, titlle, dan deskripsi.
  • Save as PDF, menu ini digunakan untuk menyimpan DOCX sebagai file PDF secara cepat dan mudah. Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi ini, disarankan untuk memasang add-on supaya tidak harus melakukan convert Worf to PDF di luar MS. Word lagi.

MS Word to EPUB Converter

MS Word to EPUB Converter yang dapat membantu cara membuat e-book gratis. Aplikasi ini sangat digunakan untuk mengkonversi e-book dalam format DOC/DOCX ke dalam format ePUB. Ukuran aplikasi ini cukup ringan dan simple saat dikerjakan. Sehingga Anda tidak perlu ragu untuk menginstal aplikasi ini di perangkat PC maupun laptop Anda. Cara membuat e-book gratis dengan EPUB Converter dengan EPUB Converter, Anda dapat melakukan dua tahapan ini.

  • Klik add word file (s), pilih file MS. Word dan pilih mana yang akan Anda ubah menjadi e-book ePub.
  • Klik star converting, maka Anda akan segera mendapatkan ePUB Anda dengan mudah dan cepat.

Google Docs

Salah satu software yang dapat digunakan membuat e-book dengan mudah adalah google docs. Alternatif Microsoft Office sangat mumpuni. Google Docs juga dapat menyimpan file dalam bentuk EPUB. Pastikan sambungan internet Anda aktif  untuk menyimpan alias mendownload proyek tulisan kita baik itu file pdf, epub, atau word.

Google Drive sangat cocok kolaborasi. Tambahkan editor Anda (atau kerabat Anda atau teman Anda, siapa pun yang membantu Anda membaca dan menemukan beberapa kesalahan) dan melacak pengeditan dan komentar mereka secara real time. Google Documents juga menyimpan semua revisi agar Anda dapat melihat apa yang telah diedit dan kembali ke versi apa pun dengan mudah. Karena aplikasi google docs ini merupakan bawaan, maka Anda tidak perlu repot-repot mengunduh atau memasang aplikasi ini. Cukup dengan mengetikkan alamat website https://docs.google.com, Anda sudah dapat membuat e-book melalui aplikasi ini.

Demikian berbagai software yang dapat Anda gunakan untuk membuat e-book. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat.

Sumber

deepublish. 2019. Cara Membuat E-Book dari Aplikasi Gratis. https://penerbitdeepublish.com/cara-membuat-ebook-gratis/

rimelta.com. 2018. Cara Membuat E-Book. https://romeltea.com/cara-membuat-e-book-dengan-ms-office/

Konsultasikan kebutuhan anda bersama Ciptapublishing, Kami siap membantu anda sepenuh hati.

Artikel Lainnya

www.ciptapublishing.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *