MENGENAL LEBIH DEKAT APA ITU IKATAN PENERBIT INDONESIA (IKAPI)

Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) merupakan organisasi yang bergerak dibidang penerbibtan. Organisasi ini didirikan pada tanggal 17 Mei 1950 dan di didirikan oleh tiga tokoh, yaitu Sultan Takdir Alisjahbana, M, Jusuf Ahmad dan Nyonya A. Notosoetardjo. Organisai ini didirikan dengan semangat nasionalisme pasca kemerdekaan Indonesia 1945.

Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) bukan hanya sekedar menghimpun para pengusaha di bidang perbukuan, tapi juga merupakan sebuah visi tentang membangun peradaban bangsa yang merdeka, beradab dan menjungjung tinggi nilai-nilai luhur Agama dan Negara.

Sebelum Indonesia merdeka penerbitan buku didominasi dan dikuasi oleh penerbitan klonial (Belanda), sementara penerbitan Indonesia lebih banyak “tiarap” dalam aktivitas penerbitanya. Tentu sebagai warga negara yang baik, yang mau mempertahankan dan memperjuangkan hak-haknya, tidak akan diam diri dan membuat perlawanan, dan perlawan itu adalah membangun perusahan yang sama (industri penerbitan buku). dengan begitu, industri penerbitan klonial (Belanda) tarsaingi.

Semenjak Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) didirikan sedikit laun industri penerbitan buku klonial (Belanda) mulai merosot karena tersaingi oleh Ikapi, ditandai lagi setelah pasca kemerdaan Republik Indonesia pada tahun 1945. Maka semenjak itulah industri penerbitan buku klonial (Belanda) lenyap dari dari bumi Indonesia dan berganti alih dengan penerbit buku lainya diantaranya adalah IKAPI.

Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), bukan saja bergerak dibidang penerbitan, tapi juga sebagai wadah kecerdasan untuk masyarakat Indonesia. selain itu juga perlawanan terhadap penerbitan klonial (Belanda). Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), memiliki prinsip bahwa organisasi yang didirikan itu berasaskan Pancasila, Gotong royong, dan secara kekeluargaan. Maka atas kesepakatan bersama para pendiri IKAPI diangkatlah Achmad Notosoetardjo sebagai ketua, Ny. Sutan Takdir Alisjahbana sebagai wakil ketua, Macmoed sebagai sekretaris, M. Jusuf Ahmad Sebagai bendahara, dan Jhon Sirie sebagai komisaris.

Awal berdirinya Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) tentu menjadi asing walaupun dinagerinya sendiri. Sehingga untuk bergabung didalamnya masih ada rasa takut dan kahwatir, beberapa penerbit saja yang bergabung waktu itu. kurang lebih ada Tiga Belas penerbit yang bergabung. Beda lagi dengan yang sekarang, jika teman-teman kunjungi website ikapi di www.ikapi.org data statistik tahun 2018 penerbit dan anggota yang bergabung dengan perincian sebagaimana berikut:

  1. Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) sebanyak 1.655.
  2. ISBN terdaftar di perpusnas 68. 290.
  3. Ekslempar terjual di Gramedia 34.710.791.
  4. Judul terjual di Gramedia 44. 599.
  5. Pertumbuhan penjualan di Gramedia 16. 8% eksemplar

Artinya, Ikatan Penerbit Indonesia bukan menjadi hal yang asing lagi ditelinga kita bagi yang suka industri penerbit buku. Kembali pada cerita awal, Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) melebarkan sayapnya dan membuka cabang pada tanggal 16-18-1954. Hal ini dilakukan Pada tahun ke-Empat dari berdirinya Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dan ditetapkan pada waktu kongres IKAPI. Adapun cabang wilayah yang di tetapkan pada waktu anatra lain:

  1. Jakarta
  2. Jawa Tengah
  3. Jawa Timur
  4. Sumatra Barat dan Sumatra Utara.

Bila kita cek kembali data Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) di www.ikapi.org ada penambahan cabang lagi.

  1. Sumatra selatan
  2. Nangrea Aceh Darussalam
  3. Raiu
  4. Bali
  5. Kalimantan Barat
  6. Sulawesi Selatan
  7. Perwakilan Sulawisi Tengah
  8. Banten
  9. Sulawesi Utara
  10. Lampung
  11. Kepulaun Riu

TUJUAN BERDIRINYA IKAPI

IKAPI didirikan bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan peran buku dalam kehidupan masyrakat serta memajukan industry penerbitan buku, sebagai upaya ikut serta secara aktif mencerdaskan dan meningkatkan peradaban bangsa.

FUNGSI DAN PERAN IKAPI

IKAPI berpfungsi sebagai wadah dan wahana komonikasi, informasi, konsultasi, advokasi dan pembinaan pengusaha industri penerbitan buku indonseia.

IKAPI berperan sebagai perhimpunan/perkumpulan penerbit buku Indonesia dan memiliki peran sebagaimana berikut:

  1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penerbitan buku.
  2. Menjaga dan memperjuangkan kepentingan anggota dan penerbitan buku.
  3. Membangun relasi dengan sesama penerbitan buku.
  4. Membina, mendorong untuk mengadakan usaha lain yang sah serta tidak bertantangan dengan asas dan tujuan IKAPI.

 

VISI DAN MISI IKAPI

VISI : Menjadikan Industri penerbitan buku di Indonesia mampu memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri dan dapat berkiprah di pasar Internasional

MISI : Ikut Serta mencerdaskan keehidupan bangsa melalui upaya penciptaan iklim perbukuan yang produktif, pengembangan sistem perbukuan yang kompetetif, dan peningkatan profesionalisme asosiasi serta para anggotanya sehingga perbukuan nasional mampu berperan secara optimal demi mempercepat terbentuknya masyrakat demokratis terbuka dan bertanggung jawab.

 

Demikian sekilas tentang Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). Tentu diartikel ini tidak begitu detail, sayapun menyadari hal itu, misal bagaimana caranya bisa menjadi anggota IKAPI apa saja sayrat-syartnya. InsyaAllah diartikel selanjutnya akan membahas itu.!

 

Teman-teman ingin menerbitkan buku oleh penerbit bernomer IKAPI, KLIK LINK DISINI

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *