penerbit buku anggota ikapi

Penerbit buku ISBN (International Series Book Number) Anggota Ikapi

Penerbit buku ISBN adalah lembaga penerbitan buku yang melayani jasa penerbitan buku ber-ISBN. Tidak semua orang bisa mendaftarkan buku/bacaan untuk mendapatkan nomor isbn, hanya penerbit berbadan hukum dan sudah terdaftar di perpusnas yang bisa mengajukan Nomor ISBN untuk buku atau jenis bacaan lainnya.

International Standard Book Number, atau ISBN, adalah “pengindentikasian unik” untuk buku-buku yang digunakan secara komersial. Sistem ISBN diciptakan di Britania Raya pada tahun 1966 oleh seorang pedagang buku dan alat-alat tulis W H Smith dan mulanya disebut Standard Book Numbering atau SBN.

Klik juga https://ciptapublishing.com/cara-mudah-mengurus-isbn-buku-secara-mandiri/

Dalam struktur kode ISBN setiap nomor mempunyai makna tersendiri dan merupakan identifikasi unik pada setiap buku yang diterbitkan oleh penerbit. Oleh sebab itu tidak akan ada nomor ISBN yang ganda, sehingga hal ini memudahkan dalam menemukan buku yang dikeluarkan oleh sebuah penerbitan.

Contoh: ISBN 978-602-8519-93-9

Keterangan:

978: Angka pengenal produk terbitan buku dari EAN (Prefix identifier)

602: Kode kelompok / Kode negara

8519: Kode penerbit (publisher prefix)

93: Kode Judul (title identifier)

9: Angka pemeriksa (check digit)

 

Klik juga: https://ciptapublishing.com/memahami-isbn-buku-fungsi-dan-cara-mengurus-isbn-bagi-penulis/

 

Sebagaimana dijelaskan pada laman Perpusnas, ISBN mengandung pengertian sebagai deretan angka 13 digit sebagai pemberi identifikasi unik secara internasional terhadap satu buku maupun produk seperti buku yang diterbitkan oleh penerbit. Setiap nomor ISBN yang terdapat pada setiap buku memberikan identifikasi unik untuk setiap terbitan buku dari setiap penerbit, sehingga keunikan tersebut memungkinkan pemasaran produk yang lebih efisien bagi toko buku, perpustakaan, universitas maupun distributor.

Jadi, bagi teman teman yang punya tulisan dan ingin dijadikan buku, mengurus ISBN merupakan hal yang sangat penting sebelum bukunya di cetak, karena buku yang tidak memiliki nomor ISBN terkesan kurang bernilai. Selain itu, bagi para akademisi, menerbitkan buku ber isbn akan memberikan nilai kredit akademik (KUM). Buku yang dicetak tidak ber isbn tidak akan mendapat nilai akademik bagi penulisnya.

Adapun cara mengurus isbn buku, saat ini sangat mudah sekali. Penulis bisa mengajukan secara mandiri ke perpusnas (Mendaftar sebagai penerbit mandiri) atau melalui jasa penerbitan buku yang sudah ada dan terdaftar di perpusnas. Saat mencari jasa penerbit buku, carilah penerbit yang sudah berpengalaman dan punya reputasi yang baik. Kalau bisa carilah juga penerbit yang sudah anggota IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia), penerbit anggota ikapi biasanya bernilai plus daripada yang bukan anggota ikapi. Cipta Publishing melayani jasa penerbitan buku berISBN dan juga sudah anggota IKAPI.

Bagi teman, yang punya tulisan bagus, kami dari penerbit cipat publishing melayani paket kerja sama penerbitan dengan fully funded ditanggung penerbit. Penulis akan mendapat royalti dari setiap penjualan buku. Kunjungi website kami di www.ciptapublishing.com untuk informasi lebih lanjut.

 

Kami melayani jasa penerbitan Buku ISBN: Baik Buku Fiksi (Novel, Cerpen, Puisi) atau Non fiksi (Buku Referensi, Buku Ajar, Monograf, Hasil Penelitian, dll).

1 komentar untuk “Penerbit buku ISBN (International Series Book Number) Anggota Ikapi”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *