Penting bagi Penulis Buku!!!, Ini Beberapa Keunggulan Penerbit Anggota IKAPI

Seputar Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI)

Sebelum bahas tentang keunggulan penerbitan IKAPI alangkah lebih baik jika mengetahui dulu apa itu Ikatan Penerbitan Indonesia (IKAPI). IKAPI merupakan singkatan dari Ikatan Penerbit Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tanggal 17 Mei 1950 dan di didirikan oleh tiga tokoh, yaitu Sultan Takdir Alisjahbana, M, Jusuf Ahmad dan Nyonya A. Notosoetardjo. Organisai ini didirikan dengan semangat nasionalisme pasca kemerdekaan Indonesia 1945.

Ikatan Penerbitan Indonesia (IKAPI) didirikan atas dasar cita-cita mulia, yaitu untuk membantu Negara dan mencerdaskan masyarakat Indonesia serta memiliki semangat nasionalisme untuk bersaing dengan penerbitan perbukuan klonial (Belanda). Penerbitan perbukuan sebelum kemerdekaan Indonesia dikuasai oleh penerbitan klonial (Belanda). Akibatnya, penerbitan indonesia menjadi asing di Nagerinya sendiri, maka dari itu dibentuklah IKAPI sebagai bentuk perlawanan terhadap penerbitan klonial (Belanda) yang sempat berkuasa saat itu. Dengan begitu, kemerdekaan Indonesia juga tidak lepas dari peran IKAPI.

Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) bergerak sebagai organisasi profesi penerbitan yang mengedapankan asas persatuan dan kesatuan secra kekeluargaan, maka dibentuklah structural kelembagaan pada saatu itu. Ketua (Achmad Notosoetardjo), wakil ketua (Sutan Takdir Alisjahbana), sekretaris (Macmoed), bendahara (M. Jusuf Ahmad) dan sebagai komisaris (John Sirie).

Ikatan Penerbitan Indonesia (IKAPI) bukan saja sebagai organisasi atau perhimpunan penerbitan buku saja, melainkan sebagai wadah pencerdasan untuk masyrakat Indonesia dan keberlangsungan hidup serta kemakmuran bagi masyrakat luas. Ikapi juga merupakan sebuah visi tentang membangun peradaban bangsa dan berakhlak mulia serta menjungjung tinggi nilai-nilai ke-Agmaan dan ke-Negaraan.

Sebagai organisasi yang baru dibentuk tentu menjadi asing walaupun di nagerinya sendiri, seiring berjalanya waktu, organisasi penerbit Indonesia (IKAPI) mulai diminati oleh masyrakat Indonesia, dan awal-awal yang bergabung dengan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) pada saat itu kurang lebih tiga belas penerbit saja. Lambat laun dengan berjalanya waktu Ikatan Penerbitan Indonesia (IKAPI) mulai banyak diminati dikalangan industri penerbitan. Dan sekarang yang bergabung dengan Ikatan penerbit Indonesia (IKAPI) kurang lebih satu juta lima ratus penerbit yang menjadi anggota IKAPI.

Produksi buku nasional dari tahun ketahun menggeliat. Dan hal ini bisa dilihat dari penjualan buku di took-toko buku seperti Gramedia sebagai jaringan penjualan terbesar di Indonesia. Pertumbuhan juga tergambar pada daftar buku dalam proses cetak (books in Print) yang dikeluarkan oleh perpustakaan Nasional. Jika kita jumpai website Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), kita akan diperlihatkan data statistik gambar penerbitan buku di tahun 2018 dengan klasifikasi sebagaimana berikut;

  1. Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) sebanyak 1.655.
  2. ISBN terdaftar di perpusnas 68. 290.
  3. Ekslempar terjual di Gramedia 34.710.791.
  4. Judul terjual di Gramedia 44. 599.
  5. Pertumbuhan penjualan di Gramedia 16. 8% eksemplar

Data diatas menunjukkan bahwa Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) menjadi

Manfaat Penerbit Anggota IKAPI

Antara lain manfaat yang didapatkan menjadi anggota IKAPI adalah:

  1. Anggota Ikatan penerbit Indonesia (IKAPI) resmi dan diakui secara Nasioanl.
  2. Anggota Ikatan penerbit Indonesia (IKAPI) mendapatkan informasi terbaru terkait penerbitan buku di Indonesia.
  3. Anggota Ikatan penerbit Indonesia (IKAPI) mempunyai peluang besar untuk mengikuti pameran buku yang diselenggaran oleh IKAPI di seluruh Indonesia.
  4. Anggota Ikatan penerbit Indonesia (IKAPI) mendapatkan eksistensi sebagai anggota organisasi profesi untuk berhubungan dengan organisasi profesi atau organisasi bisnis lainnya, baik dalam bidang perbukuan maupun bidang di luar perbukuan.
  5. Anggota Ikatan penerbit Indonesia (IKAPI) mendapatkan pengembangan profesionalitas perbukuan lewat berbagai event yang diadakan Ikapi.
  6. Anggota Ikatan penerbit Indonesia (IKAPI) dipercaya karena memiliki kredibilitas dan akuntabilitas tinggi dalam pengelolaan bisnisnya.
  1. Lebih dipercaya oleh lembaga baik Pemerintah atau Swasta untuk melakukan kerjasama

 

Keunggulan Penerbit Anggota IKAPI

Anggota IKAPI dari masa-masa kemasa semakin meningkat, ada banyak penerbit yang bergabung ke-IKAPI salah satunya untuk mendapat keamanan dan legalitas sah dari Negara. Adapun keunggulan yang didaptkan hampir sama persis dengan manfaatnya, antara lain yaitu:
  1. Penerbit yang bergabung akan dapat pengembangan perbukuan melalui event yang diadakan oleh IKAPI.
  2. Penerbit yang bergabung akkan mendapatkan perlindungan kode etik bisnis penerbita buku dan bantuan hukum terkait problem perbukuan.
  3. Penerbit yang bergabung akan mendapatkan informasi-informasi akurat yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah menyangkut perbukuan, proyek pengadaan buku pemerintah dan kegitan-kegitan lainya.
  4. Penerbit yang bergabung akan mendapatkan relasi serta hubungan dengan penerbit lainya.

Keuntungan Menjadi Anggota Ikapi

Salah satu keuntungan yang didapatkan dari anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) yaitu:

  1. Bertambahnya wawasan tentang penerbitan
  2. Bertambahnya relasi sesama penerbit dalam Nageri dan luar Nageri.
  3. Mendapatkan perlindungan hukum (advokasi) terkait perbukuan.
  4. Penerbit yang bergabung dengan IKAPI mendapat pengembangan profesionalitas perbukuan melalui event yang di adakan oleh IKAPI.
  5. Penerbit yang bergabung dengan IKAPI lebih di prioritaskan dalam ke ikut sertaan di berbagai event baik yang di adakan di Indonesia maupun di luar Nageri, tentu dengan biaya yang lebih ringan.

Demikian berberap poin tentang keungglan menjadi anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), termasuk manfaat dan keuntunganya juga. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inforsi penting bagi para pemabaca.

 

Penerbit Cipta Media Nusantara sebagai bagian daripada Cipta Publishing menerbitkan buku ISBN dan terdaftar sebagai anggota IKAPI.

 

 

SUMBER

https://www.elmarkazi.com/penerbit-elmarkazi-penerbit-anggota-ikapi-ikatan-penulis-indonesia/

https://wartalldikti9.com/2019/02/25/lembaga-perpustakaan-dan-penerbitan-unismuh-jadi-anggota-ikapi/

http://www.ikapi.org/manfaat-menjadi-anggota-ikapi

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *