PENTING!!! KODE ETIK PENERBITAN ANGGOTA IKAPI

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita mendengarnya istilah etika. Istilah ini tidak bisa lepas dari pergaulan kita, baik itu saat dalam kelas, teman organisasi dan teman kantor bahkan dirumahpun kita sering disuguhkan kata ini. Sebab etika menjadi puncak dari segala pengatuhuan tidak terkecuali dalam hal ini untuk anggota IKAPI. Maka pertama kali yang ditekankan adalah etika, dengan etika hubungan menjadi baik dengan sesama karyawan, atsan dan yang lebih penting dengan pelanggan.

ikapi-buku, Ciptapublishing

Maka sebagai organisasi penerbitan ternama dan masyhur di Indonesia yang sudah memiliki beberapa cabang yang ada di Indonesia (Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur dll), parlu untuk ditanamkan sebuah etika, etika tidak selalu soal kesopanan, hormat pada yang lebih tua dan mengalah pada yang lebih muda. Etika yang dimaksud disini adalah tau cara main aturan perusuhaan, cara untuk mengembangkan dan memajukan industri penerbitan, itulah parlunya kode etik penerbitan. Tentu hal ini semata-mata untuk menjaga kebaikan sesama penerbit serta menjaga eksistensi dan kemajuan para penerbit yang ada di Indonesia, dibuatkanya aturan penerbitan supaya bisa saling menjaga dan saling membantu sesama penerbit.

Melihat eksistensi IKAPI yang semakin meluas di kalangan masyarakat Indonesia tentu tidak sedikit yang mau bergabung dan mau menjadi bagian dari IKAPI. Sebab perindustrian penerbitan selain untuk memerangi penerbitan klonial (Belanda) saat itu, juga menjadi keberlangsungan hidup bagi masyarkat kecil. Tentu ini sangat membantu sekali.

Atas dasar itulah kenapa kode etik penerbitan ditetapkan dan harus diterapkan oleh anggota IKAPI. Selain atas kesadaran diatas juga untuk menciptkan ke-kondusifan untuk saling menghargai dan berkerjasama untuk memajukan industri buku diatanah air, sesuai dengan tugas, fungsi dan tanggung jawab masing-masinnng. Adapun Kode Etik Penerbit anggota IKAPI sebagaimana berikut:

Kode Etik Umum Anggota IKAPI

  1. Anggota IKAPI wajib mematuhi Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART).
  2. Anggota IKAPI wajib melaksanakan peran dan tanggung jawabnya dalam memajukan budaya dan mencerdaskan kehidupan bangsa,
  3. Anggota IKAPI bertanggung jawab atas buku yang di terbitkanya dan isinya tidak bertantangan dengan ajaran Agama, nilai-nilai luhur budaya bangsa, serta ketertiban umum.
  4. Anggota IKAPI wajib mendukung segala upaya pihak lain yang bertujuan menumbuhkan perkembangan kegiatan perbukuan Nasional, baik secara langsung maupun tidak langsung, sesuai dengan batas kemampuanya.
  5. Anggota Ikapi dalam melakukan kerja sama dengan pihak luar negeri wajib memperhatikan dan mengindahkan kepentingan bangsa dan negara pada umumnya dan kepentingan penerbit buku nasional pada khususnya

Kode Etik Khusus Anggota IKAPI

A. Sikap Terhadap Sesama Penerbit

  1. Anggota Ikapi wajib menghormati dan menghargai hak-hak penerbitan di antara sesama penerbit, baik di dalam maupun di luar negeri. Anggota Ikapi wajib menghindari persaingan usaha yang tidak sehat yang akan merugikan sesama anggota, baik secara moril maupun materiil.
  2. Anggota Ikapi dilarang melakukan penjiplakan, pembajakan, atau tindakan lain yang serupa, yang dapat merugikan sesama penerbit buku lainnya.
  3. Anggota Ikapi wajib menjalin kerja sama dan rasa setia kawan di antara sesama penerbit, demi terpeliharanya iklim usaha penerbitan buku yang sehat.
  4. Anggota Ikapi wajib mencari penyelesaian secara musyawarah, baik secara langsung maupun melalui Ikapi, terhadap sesuatu masalah atau perselisihan yang timbul di antara sesama penerbit sebelum menyelesaikannya secara hukum lewat pengadilan.

B. Sikap Terhadap Pengarang, Penyadur, Penerjemah, Editor dan Ilustrator

  1. Anggota Ikapi wajib menghormati dan menghargai hak cipta pengarang, penyadur, penerjemah, illustrator, dan pencipta lainnya.
  2. Anggota Ikapi wajib memelihara hubungan yang harmonis dengan pengarang, penyadur, penerjemah, illustrator, editor, dan pencipta lainnya serta mematuhi perjanjian yang telah dimufakati bersama.

C. Sikap Terhadap Karyawan

  1. Anggota Ikapi wajib meningkatkan kesejahteraan, pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja karyawan untuk menjamin kualitas kerja dalam upaya membangun profesionalisme usaha penerbitannya.
  2. Anggota Ikapi wajib mematuhi undangundang/peraturan yang berlaku di bidang ketenagakerjaan

D. Sikap Terhadap Pencetak dan Pemasok Bahan Cetakan

Penerbit anggota Ikapi wajib memelihara hubungan yang harmonis dan menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan pencetak dan pemasok bahan cetakan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, serta mematuhi ikatan bisnis yang telah dimufakati bersama.

E. Sikap Terhadap Penyalur dan Pengecer

  1. Anggota Ikapi wajib menyalurkan bukubuku yang diterbitkannya dengan cara yang sehat melalui saluran distribusi yang ada.
  2. Anggota Ikapi wajib memelihara hubungan yang harmoni s dengan saluran distribusi yang ada, serta mematuhi ikatan bisnis yang telah dimufakati bersama.

F. Sikap Terhadap Konsumen

  1. Anggota Ikapi wajib menerbitkan buku-buku yang berkualitas baik isi maupun tampilannya, harga yang kompetitif, dan merata penyebarannya.
  2. Anggota Ikapi wajib memberikan potongan harga yang dirasakan langsung oleh pembeli akhir

Konsultasikan kebutuhan anda bersama Ciptapublishing, Kami siap membantu anda sepenuh hati.

Artikel Lainnya

www.ciptapublishing.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *