Kenapa Dosen Perlu menerbitkan Buku

Dunia dosen yang berada dalam kubangan ilmu sudah sepantasnya menghasilkan banyak karya ilmiah, yang tidak hanya dipajang, tetapi juga dipublikasikan dan dipakai berkelanjutan. Sudah menjadi kewajiban bagi dosen untuk menghasilkan karya ilmiahnya sendiri, baik dalam bentuk jurnal, laporan penelitian, maupun menulis buku.
Dosen sebagai salah satu profesi yang cukup bergengsi di Indonesia pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari tugas utamanya sebagai seorang pengajar. Dengan kata lain, dosen berkewajiban menyampaikan materi perkuliahan kepada mahasiswa di kelas sebagai bagian dari usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Meskipun demikian, dosen tidak hanya berkewajiban untuk melakukan proses pengajaran di dalam kelas semata, tetapi juga melakukan hal produktif lain dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan.
Civitas akademika kampus mulai dari dosen, peneliti dan mahasiswa sangat membutuhkan sarana dalam mengimplementasikan keilmuannya.

Apakah kewajiban seorang dosen hanya mengajar di dalam kelas?

Salah satu hal yang sebenarnya bisa menjadi beban moral sekaligus kewajiban dosen adalah menulis buku. Seorang pengajar, khususnya dosen, pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari aktivitas menulis, baik buku ataupun jurnal. Hal tersebut dilakukan untuk mengasah kemampuan akademik dosen sebagai kelompok intelektual. Bahkan kondisi tersebut juga cukup berpengaruh pada jumlah buku yang beredar di Indonesia.

Ketika dosen menulis banyak buku, apa saja manfaat menulis bagi Dosen?
Dengan menulis buku, setidaknya ada beberapa manfaat menulis atau keuntungan yang bisa didapatkan oleh seorang dosen.

Pertama, manfaat menulis untuk dosen sebagai penulis dari buku yang dibuatnya sendiri adalah mendapatkan perlindungan hak cipta. Perlindungan hak cipta tersebut menjadi penting ketika masih banyak masyarakat (bahkan akademisi lain) yang tidak menghargai karya orang lain dengan cara melakukan plagiarisme atau memfotokopi materi tersebut.
Kedua, pengajar, dosen, widyaiswara, atau pelatih yang menerbitkan buku pada dasarnya akan mendapatkan manfaat menulis berupa nilai angka kredit yang tinggi untuk kenaikan pangkat. Tidak hanya akan mendapatkan kenaikan pangkat secara lebih cepat, penerbitan buku yang dilakukan oleh dosen juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan nilai akreditasi lembaga tempat mereka bekerja.
Ketiga, dosen yang berhasil menerbitkan buku akan mendapatkan manfaat menulis berupa tambahan di luar pekerjaan utamanya yaitu mengajar.

Kelima, buku yang ditulis sendiri oleh dosen setidaknya dapat membantu mahasiswa yang diajarnya untuk menemukan referensi yang sesuai dengan materi perkuliahan. Dengan kata lain, dosen yang bersangkutan menulis buku referensi dimana isinya merupakan hasil-hasil penelitian yang pernah dilakukannya, baik secara kelompok ataupun individu
Keenam, kebiasaan menulis buku yang dilakukan oleh dosen semasa muda hingga karirnya selesai akan membantu dosen tersebut terasa lebih sehat. Hal tersebut tidak dapat dilepaskan dari kebiasaan dosen untuk tetap menulis buku ketika usianya tidak lagi muda.

anda ingin menerbitkan buku atau publikasi jurnal internasional, segera hub kami di
www.ciptapublishing.com

1 komentar untuk “Kenapa Dosen Perlu menerbitkan Buku”

  1. Long time supporter, and thought I’d drop a comment.

    Your wordpress site is very sleek – hope you don’t mind me asking
    what theme you’re using? (and don’t mind if I steal it?
    :P)

    I just launched my site –also built in wordpress like yours– but the theme slows (!) the site down quite a bit.

    In case you have a minute, you can find it by searching for “royal cbd” on Google (would appreciate any feedback) – it’s still in the works.

    Keep up the good work– and hope you all take care of yourself during the coronavirus scare!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *