Tips Menjadi Penulis Handal, Ciptapublishing

Tips Menjadi Penulis Andal

Bagi penulis, menjadi penulis andal dan hebat adalah cita-cita yang harus diraih. Pastinya untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk menjadi penulis andal, seorang penulis harus melalui beberapa tahap ini. 

1. Banyak Membaca dan Menulis

Semua orang mengamini bahwa banyak membaca dapat membuat membuka pengetahuan dan wawasan yang luas, begitu juga dengan menulis. Terutama bagi seorang penulis, ia tidak bisa serta merta menulis tanpa banyak membaca. semakin banyak membaca, maka tulisan yang dihasilkan akan semakin berkualitas. Sebab dengan memperbanyak literatur bacaan, kita dapat berimajinasi lebih lancar, perbendaharaan kata kita semakin meningkat dan kedua hal tersebut akan menjadi ‘ruh’ tulisan kita nantinya.

2. Disiplin

Salah satu tantangan bagi penulis adalah menyelesaikan tulisannya. Tak sedikit penulis yang berhenti tengah jalan karna kehabisan ide, dilanda rasa bosan dan malas, tulisan Anda ditolak oleh penerbit dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk menjadi seorang penulis, persiapkanlah diri dan mental Anda sebaik mungkin untuk menghadapi tantangan di atas. Menurut penulis asal Amerika Stephen King, “Berhenti mengerjakan pekerjaan yang sedang kita lakukan, meski pekerjaan itu sulit, baik secara emosional maupun imajinatif, adalah ide yang buruk,” sebaliknya, kita harus tetap positif pada apa yang sedang kita kerjakan.

Jika Anda memulai menulis, fokuslah dan nikmati prosesnya. Ketika Anda mendapatkan kebuntuan, istirahatlah sejenak untuk menyegarkan pikiran, lalu lanjutlah menulis lagi. Janganlah membuang waktu Anda terlalu lama. Buatlah target deadline dan anggaplah deadline sebagai tanggung jawab Anda sepenuhnya.

3. Mencari Relasi

Untuk menjadi penulis andal, tentunya Anda tidak bisa belajar sendiri. Kita perlu mengaca pada penulis lain yang sukses, belajar dari mereka, berdiskusi dan berteman. Dengan begitu, asupan motivasi Anda akan terpenuhi. Lingkungan sangat mempengaruhi pola pikir dan dapat menjaga minat menulis Anda. Carilah relasi sebanyak mungkin yang dapat menambah pengetahuan dan membuka wawasan yang lebih banyak sebagai bekal menulis Anda.

4. Jangan Cepat Puas

Jika Anda telah berhasil menghasilkan beberapa karya, janganlah merasa cepat puas. Anda boleh berbangga dan merasa puas dengan hasil kerja keras Anda, namun Anda perlu mengasah lagi bakat Anda tersebut. teruslah menulis dan berkarya hingga kualitas tulisan Anda menjadi baik dan semakin baik.

Konsultasikan kebutuhan anda bersama Ciptapublishing, Kami siap membantu anda sepenuh hati.

Artikel Lainnya

www.ciptapublishing.com

1 komentar untuk “Tips Menjadi Penulis Andal”

  1. Ping-kembali: Tips Jurnal Terindeks Scopus – CIPTA PUBLISHING

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *